Bali Safari & Marine Park

Yeaayyyy,
It's time for Safari....

Begitulah kira-kira bahagianya, hahahaha. Maret or April 2017 yang lalu, saya dapat "birthday gift" from the special one, my beloved husband. Beberapa bulan sebelumnya sudah dikasih tahu sih, dan hasil dari merengek manja itu, di kasih liburan ke Baliiii, yeayy. Which is it's not surprise anymore, but yang namanya liburan, apalagi ke Bali, pasti semua pada so excited, yaa kaaan?
Mulailah menyusun itenerary selama disana, mau kemana aja, nginap dimana aja, cek sewa motor sekarang udah berapa (karena pergi cuma berdua, dan lebih nikmat naik motor sih 😜). Meskipun ini bukan kali pertama ke Bali, tapi tetap saja kesannya masih norak gitu, tiap hari ada-ada aja yang di cek di mbah google, all about Bali.

Daaan, entah karena pertimbangan apa waktu itu, dipilihlah Bali Safari & Marine Park. Mungkin mau ngecek dulu tempat yang nanti bakal dikunjungi anak kita nanti, 😝 di aamiin kan yaa.


Tiba di Ngurah Rai, langsung samperin AGP Sewa Motor di parkiran airport, yang sudah kita pesan sehari sebelumnya. Daaaan dapatnya ini :

Motor Vario yang setia temani kita keliling Bali. 

Udah dapat motor, langsung cuss ke hotel, titip koper di lobby, karena belum bisa cek in, kita sampai di Bali kurang lebih jam 10 pagi, perbangan jam 6 pagi dari Makassar dengan Garuda Indonesia. Langsung deh tancap gas ke Gianyar, dengan modal google maps.


And here we come... Bali Safari

Sampai di Bali Safari, kita harus antri dulu, beli paket. Kurang lebih seperti ini paket-paket nya, copy dari blog sebelah :

Safari Explorer :
Dewasa, 150rb/pax
Chd, 120rb/pax

Harga sudah termasuk, 
- 1x Safari Journey Trip
- 1x Fresh Water Aquarium (tapi kalau udah masuk, sepuasnya kayaknya juga boleh 😂)
- Animal Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Harimau Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Elephant Show (ada jam-jam nya, kurang tau)

Safari Legend :
Dewasa, 275rb/pax
Chd, 220rb/pax

Harga sudah termasuk, 
- 1x Safari Journey Trip
- 1x Fresh Water Aquarium (tapi kalau udah masuk, sepuasnya kayaknya juga boleh 😂)
- Animal Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Harimau Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Elephant Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Bali Agung Theater (Silver Seat)
- Water Park
-1x Fun Zone Ride

Night Safari :
Dewasa, 400rb/pax
Chd, 325rb/pax

Harga sudah termasuk, 
- 1x Night Safari Journey
-Welcome Drink
-Dinner at Nkuchiro

Elephant Back Safari :
Dewasa, 450rb/pax
Chd, 350rb/pax

Harga sudah termasuk, 
- Elephant back safari
- Welcome Drink
- Unlimited Safari Journey trip
- 1x Fresh Water Aquarium (tapi kalau udah masuk, sepuasnya kayaknya juga boleh 😂)
- Animal Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Harimau Show (ada jam-jam nya, kurang tau)
- Elephant Show (ada jam-jam nya, kurang tau)

Nahh, Alhamdulillah kita dapatnya Voucher paket yang Safari Legend, dikirinya langsung masuk aja, ternyata tetap harus antri, 



Kenapa harus antri lagi, karena harus registrasi lagi, dan  tiket itu ditukar dengan gelang seperti ini, 

abaikan bulu manja nya 😁

Beda paket, beda warna gelang, gunanya supaya mba-mba dan mas-mas nya nanti bisa membedakan yang gelang warna merah duduk disini, dan yang warna ini duduk disana, yang ini boleh masuk disini, yang ini gak boleh, dan kayaknya WNI dan WNA dibedain warna gelangnya deh, maybe seperti itu. CMIW 😊

Udah gitu, langsung masuk menuju halte, tapi kalau kesini gak boleh bawa makanan dan minuman sama sekali, karena pas di pintu masuk menuju halte Safari Bus, kita bakalan di periksa satu-satu barang bawaannya sama mba-mba dan mas-masnya, kalau bawa makanan bayi mungkin bisa sih. Karena ditakutkan ada yang jail, kasih makanan dan minuman ke hewan-hewan yang ada disana.

we are on a Safari Bus (abaikan muka suamiku yang blur, karena bus nya goyang, hha)


Setelah naik bus beberapa saat menuju titik tengah taman safari, sampailah kita di Lobby Barong, di pintu masuk ini kita bakalan disambut bli-bli Bali yang lagi mainin alat musik seperti Gamelan gitu. Karena terlambat, pertunjukan Fresh Aquarium dan Animal Show nya sudah selesai, yang pas kita dapat cuma Harimau Show. tapi Fresh Aquarium masih bisa dinikmati lagi kok, pas di Lobby Barong tadi, ternyata sepanjang sisi kanannya itu dipenuhi aquarium raksasa yang bisa kita nikmati selama ada disana. Dan kabar baik nya, Piranha Feeding Time nya itu 2x dalam sehari, jadi meskipun feeding yang pagi nya kelewatan, masih ada feeding yang sore nya sekitar jam 16.00.



Lanjutlah kita menyaksikan Harimau Show, kira-kira pengunjung disini, sekitar 85% warga negara asing deh. Keliatan banget pas pertunjukan, sejauh mata memandang kayaknya rata-rata bule, heheh. Guide nya aja yang warga lokal, sepertinya. Sepanjang perjalanan menuju pertunjukan, banyak banget binatang-binatang yang lagi di ajak main sama mas-mas nya. Dannn, meskipun disini maybe 90% pohon, tetap aja hawanya agak panas, jadinya, pengelola menyiapkan kipas-kipas angin di setiap sudut taman safari ini, lengkap dengan cipratan air, yang bisa bikin kita sedikit adem.

mas nya lagi ajak ngobrol monkey nya 😁



Harimau Show

Oh iya, disetiap pertunjukan yang disajikan, diselipkan cerita-cerita rakyat Bali yang berkaitan dengan hewan-hewan tersebut, dan itu membuat penontonnya semakin mengenal dan tertarik dengan Bali, keren deh.
Selepas pertunjukan harimau, kita harus jalan lagi menuju pertunjukan gajah, dan disepanjang jalan menuju venue pertunjukan itu, banyak banget yang pengelola suguhkan untuk memanjakan mata kita sebagai pengunjung, bisa liat gajah yang lagi makan, burung-burung, landak, komodo, ular dan masih banyak lagi.

Muka takut dipatok burung, hhaa

Sama dengan Harimau Show, Elephant Show juga menampilkan cerita-cerita rakyat Bali, yang intinya sih, jangan ganggu binatang, karena nanti binatang yang bakal bantu kita juga. Disini juga ditampilkan perbedaan gajah sumatra dan gajah afrika.
Pup gajah juga katanya di daur ulang, di jadikan kertas, buat konsumsi dalam safari aja mungkin ya.
Seperti yang sy bilang tadi, karena pengunjungnya sekitar 85% warga asing menurut penglihatan saya, makanya selama pertunjukan, semua disajikan Bilingual alias dual bahasa.
Kalau mau lihat video pertunjukan gajah nya bisa berkunjung ke channel youtube saya ya pipit marzuki. Upload very soon 😁

Elephant Show

Sekarang waktu nya buat Bali Agung Show, yang kita tunggu-tunggu. Menujulah kita ke teather bali agung, sebelum ke teather, kita singgah dulu di penangkaran harimau putih, harimau yang bisa manjat di tiang listrik, hhaa. Dikasih makan ayam, cuma sekali hap, habis.

Harimau Putih

Description box komodo

Komodo nya keliahatan gak?

Ini landak nya.

Sebenarnya, masih banyak binatang-binatang yang belum kita liat disini, karena luas dan kita udah pegel.
Waktu pertunjukan di Bali Agung Theater itu jam 2, jadi kita putuskan untuk sholat dulu dan cari makan.
Seperti di tempat-tempat privat lainnya, bisa dibayangkan harga makanan dan minuman disini, air mineral yang biasanya di luaran sana Rp. 3.000 kalau di sini bisa 5x lipat, yup Rp. 17.000/botol. Tapi, air mineral nya seperti kelihatan exclusif gitu, ada tulisan Bali Safari nya. Dan tidak sempat kena kamera. 😜
Ada area khusus untuk makan dan minum juga. Ada spot penjualan souvenir. Ada resto nya. Lengkap lah.

Salah satu spot souvenir

Yang mirip goa itu, pintu masuknya.

Menunggu pintu teather terbuka, kita bisa istirahat dikit di gazebo atau bale khas Bali. Selama pertunjukan sama sekali tidak boleh bawa kamera, kamera ponsel juga gak boleh. Jadinya, Hp dan kamera harus di titip, dan ini yang bikin kita harus antri lagi. Masuk di teather, aroma sesajen khas Bali sudah mulai menyengat, ditambah bau pengap khas gua juga bercampur, nuansa mistis kental sekali disini. Remang-remang cahaya juga menambah daya tarik. Patung-patung, relief-relief khas bali, toilet nya pun bikin kita selalu ngomong, 'keren ya', saya sebagai orang Indonesia, berdecak kagum, apalagi warga asing, yang notabene memang suka dengan nuansa-nuansa traditional. Sayangnya, kamera gak dibolehkan.
Masuk di teather, aroma khas Bali kembali menyengat, tapi adem jadi bawaannya ngantuk. Diarahkan mba-mba cantik penuh senyuman, untuk duduk si tempat sesuai 'gelang' kita, pilihlah kita kursi dekat AC, biar tidak kepanasan, hihi. Pertunjukan dimulai, bule-bule seperti terpesona, jangan kan bule, kita pun warga lokal, seperti itu. Menceritakan asal usul bali, dengan lakon Rahwana, Ramayana, Hanoman dll. Lengkap dengan gamelan khas Bali, tarian-tarian, penari-penari yang cantik gemulai penuh senyuman, menambah kesan menarik bagi para penonton, 2 jam pun tak terasa, kita terhibur banget. Saking terpesonanya, kita sampai tertidur, seperti ada yang mendongeng.
Keluar pintu teather, kita harus antri kembali, untuk mengambil kamera dan ponsel kita. Tapi antri nya tidak berasa banget, karena sepanjang mata memandang, lukisan dan relief-relief khas bali bikin kita berdecak kagum, Subhanallah.

waiting for Bali Agung Show


bisa berfoto dengan para pengisi acara

Setelah nonton, kita bisa ke Fun Zone atau Waterpark, karena sudah lelah dan kita gak mau basah, akhirnya kita cuma liat-liat aja, tapi tidak ikut main. Dan memustuskan ke Fresh Water Aquarium yang tadi tidak sempat kita liat. Disini kita bisa liat berbagai jenis ikan yang ada di aquarium raksasa, dan liat piranha yang lagi dikasih makan. Daging ayam yang di kait kan di besi masuk ke dalam aquarium, di ulur melalui atas aquarium sama bli-bli yang lagi bertugas menjaga, sekejap langsung habis. Ganas banget.





Fresh Water Aquarium di Bali Safari & Marine Park

Karena sudah amat sangat kelelahan, dari airport tanpa jeda langsung kesini. Kita putuskan untuk pulang, karena kita nginap di daerah Kuta, dan jarak dari Kuta ke Gianyar cukup lumayan jauh, apalagi kita naik motor, harus simpan tenaga lagi untuk perjalanan pulang, kurang lebih sejam. Safari Journey kita skip, padahal pengen banget, keliling Bali Safari naik bus. Next time lah.
Pas banget kalau kesini bawa keluarga, apalagi anak-anak, pasti senang banget.
Kalian juga yang mau berkunjung kesini bisa liat maps atau cek jadwal nya di web Bali Safari langsung.



see you next time, when we are three. Bali Safari 💝


Ikuti terus cerita kita selama di Bali yaa, untuk video-video nya bisa cek channel youtube kita di pipit marzuki. Yang mau ikut paket tour Bali dan yang lainnya sama kita, boleh comment di bawah yaa. see you when i see you 💝

Comments

Post a Comment

Popular Posts